Kenalilah Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan

Kenalilah Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan – Seperti yang banyak kita ketahui bahwa hampir semua buah tentunya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan di dalam tubuh dan yang sangat di butuhkan oleh tubuh setiap manusia.

Semangka merupakan salah satu buah favorit banyak orang. Buah ini dikenal akan dagingnya yang berwarna merah cerah, manis, dan tinggi akan kandungan airnya. Kebanyakan semangka yang ada di pasaran memiliki daging berwarna merah. Namun, tahukah kamu bahwa ada juga semangka yang berwarna kuning?

Jadi, pada mulanya, semangka memiliki daging buah berwarna kuning. Namun, modifikasi genetiknya membuat warna daging buahnya berubah dari kuning menjadi merah. Makin lama, semangka kuning relatif jarang dikonsumsi dibanding semangka merah. Padahal, buah ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tidak bisa dianggap remah. Yuk, kita bahas satu per satu manfaat  timparkerrealestate semangka kuning bagi kesehatan tubuh!

Kenalilah Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan mata
Semangka kuning tinggi akan kandungan vitamin A dan karotenoid yang membuatnya bagus untuk kesehatan mata dan menurunkan risiko berbagai penyakit mata. Menurut studi dalam The Journal of Nutrition tahun 2002, makan semangka kuning secara rutin dapat menyuplai vitamin C, nutrisi penting untuk memperlambat terjadinya katarak.

Vitamin A mampu meningkatkan kesehatan penglihatan dengan mencegah kekeringan mata dan meminimalkan risiko rabun senja.

Antioksidan dalam semangka kuning, seperti vitamin C, fitonutrien, polifenol, dan flavonoid dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat membantu meminimalkan risiko degenerasi makula terkait usia, katarak, dan glaukoma.

Senyawa lain, seperti lutein dan zeaksantin dalam semangka kuning juga baik untuk menjaga fungsi penglihatan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut studi dalam Journal of Chromatography tahun 2005, vitamin B6 atau piridoksina yang ditemukan dalam semangka kuning dapat meningkatkan produksi antibodi, yang bertanggung jawab dalam memerangi mikroba penyebab penyakit. Vitamin ini juga berperan dalam pemecahan protein sehingga dapat diserap lebih baik oleh tubuh.

Semangka kuning juga mengandung vitamin C, yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya dan infeksi. Semua kualitas ini membuat semangka kuning bermanfaat untuk melindungi tubuh agar tidak mudah sakit.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular
Semangka kuning mengandung antioksidan, fitokimia, dan potasium atau kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Buah ini juga merupakan sumber vitamin A dan C, yang membantu mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Semua nutrisi ini membuat semangka kuning bermanfaat untuk meningkatan kesehatan kardiovaskular. Sebuah studi yang dalam jurnal Advances in Health Sciences Research tahun 2019 menyatakan bahwa semangka kuning terbukti mampu menurunkan low-density lipoprotein LDL alias kolesterol jahat dan trigliserida, meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan mengurangi peradangan pada pasien dengan risiko penyakit kardiovaskular.